Tips Cara Mudah Untuk Meminta Maaf | IniCaraku.com

Tips Cara Mudah Untuk Meminta Maaf

Minta maaf adalah suatu hal yang meski kelihatnya sangat sepele namun pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan. Saat kita membuat kesalahan kemudian tidak segera minta maaf maka yang ada adalah kita jadi malu, dan terus menunda untuk meminta maaf. Dan akhirnya kita tidak akan pernah terlaksana untuk meminta maaf atas kesalahan yang sudah kita lakukan.

Agar minta maaf jadi lebih mudah dilakukan, berikut ini adalah tipsnya:

1. Segera bereaksi
Saat melakukan kesalahan, segera minta maaf. Jangan menyuruh orang lain untuk menyampaikan ucapan permintaan maaf anda. Menunda untuk meminta maaf akan membuat kita semakin merasa berat untuk mengucapkannya.

2. Jangan katakan melalui e-mail atau sms
Ungkapkan permintaan maaf secara langsung, jangan mengirimkan ucapan maaf lewat email atau sms. Karena bisa jadi orang akan malah salah paham dan salah pengertian dengan isi dari pesan yang kita kirimkan. Jika Anda cemas atau takut salah ngomong, persiapkan diri dengan menulis terlebih dulu apa yang ingin dikomunikasikan, lalu praktekkan dengan orang yang Anda percaya.

3. Jujur
Berkata jujur lebih baik dari pada berbohong. Cara terbaik adalah dengan mengakuinya segera apa yang telah terjadi, katakan alasannya dan apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki dan mencegah agar tidak terulang.

Mungkin Anda akan mulai dengan berkata,”Saya minta maaf karena salah mencetak data, tapi saya bisa menjelaskan penyebab kesalahan itu dan saat ini saya sedang memperbaikinya sesegera mungkin.”

4. Rendah diri
Ucapkan permintaan maaf anda dengan rendah diri. Anda tidak perlu merendah sampai ke level merangkak atau memohon pengampunan, tapi anda harus mengkomunikasikan kalau anda benar-benar mengerti akibat dari kesalahan yang anda buat terhadap orang lain. Tunjukkan bahwa anda benar-benar menyesal atas kesalahan yang telah anda perbuat.

IniCaraku.com Search form