Loading...

Tips & Cara Tepat Mengobati Jerawat

Bukanlah perkara yang mudah untuk mencari obat jerawat. Pasalnya, tak jarang orang yang setelah berkali-kali mencoba obat jerawat dari berbagai merek yang berbeda baru menemukan obat jerawat yang cocok. Kenapa bisa begitu?

Ini karena kadang orang tidak menyadari jerawatnya seperti apa dan apa penyebabnya, demikian menurut dr Eddy Karta SpKK, Spesialis Kulit dan Kelamin, seperti yang dikutip dari Liputan6.

Jerawat itu bisa disebabkan dari dalam atau luar tubuh. Jerawat bisa dikarenakan sumbatan kelenjar sebum yang menjadi komedo. Kemudian komedo itu meradang saat terinfeksi sehingga sering kita melihat jerawat bentuknya merah menggunung dan kadang ada nanah di atasnya.

loading...

Selain karena sumbatan komedo, jerawat juga bisa disebabkan karena faktor dari dalam, misalnya karena makanan, stres, dan hormonal. Lantas bagaimana mengobatinya?

1. Ketahui jenis jerawat dan penyebabnya

Untuk menentukan obat jerawat yang fungsinya sesuai dengan kasus yang terjadi, maka seseorang harus menyadari dulu jerawatnya dalam taraf komedo atau infeksi. Obat jerawat yang dijual bebas biasanya mencoba melawan komedo atau antiseptik melawan bakteri penyebab jerawat, sehingga untuk bisa menemukan obat jerawat yang pas, semua faktor harus diperhatikan.

2. Pilih jenis pengobatan yang sesuai

Biasanya obat jerawat akan menyebutkan kandungan di dalamnya. Misalnya saja benzoil peroksida untuk membunuh kuman, asam salisilat untuk membantu menghilangkan komedo, sulfur untuk membantu mengurangi minyak wajah dan sabun antiseptik untuk mengurangi jumlah koloni kuman di wajah. Nah, setelah itupahami masing-masing dari efek samping kandungan yang ada dalam obat jerawat tersebut terutama bila berlebihan.

Dengan memperhatikan dua hal di atas, maka anda akan bisa lebih mudah dalam hal mengobati jerawat yang muncul di wajah Anda.

Loading...
Tips & Cara Tepat Mengobati Jerawat | inicarak | 4.5