Tips dan Cara Agar Bayi atau Anak Anda Mau Makan | IniCaraku.com

Tips dan Cara Agar Bayi atau Anak Anda Mau Makan

Anak susah makan tentu membuat orang tua, khususnya ibu menjadi khawatir. Anak yang susah makan membuat proses pertumbuhannya terganggu. Kebiasaan makan perlu dibentuk sejak dini. Anda bisa melakukan kebiasaan baik di rumah agar anak tak lagi menolak makan makanan sehat. Cara ini bisa Anda lakukan agar anak mau makan sayur, buah, daging dan ikan, serta berbagai asupan sehat lainnya yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya.

Bila anak atau bayi anda susah untuk disuruh makan, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba:

1. Jangan paksa bayi menghabiskan makanannya. Lebih baik Anda ikuti ritme makannya, sehingga ia senang dan dengan sendirinya proses pemberian makan jadi lebih mudah.

2. Perhatikan jadwal makannya. Buat jadwal makan yang terbaik dan sesuai kondisi bayi, lalu upayakan untuk mematuhinya. Dengan demikian, bayi mengenal rasa lapar ketika waktu makan tiba dan proses pemberian makan jadi lebih mudah.

3. Perhatikan, makanan apa yang disukainya dan buatlah variasi yang menarik tanpa mengabaikan kebutuhan gizinya. Bila ada makanan yang tidak disukainya, tunda pemberiannya beberapa hari, lalu berikan lagi padanya.

4. Siapkan air putih matang. Bisa di mangkuk kecil untuk disendoki, di gelas atau cangkir untuk diberikan langsung pada bayi. Penggunaan gelas biasa lebih membantu bayi melatih keterampilan minumnya daripada gelas bermoncong.

5. Pompa semangat makannya dengan menempatkan makanan dalam piranti berbentuk menarik dengan gambar lucu. Pilih yang dirancang khusus untuk bayi agar tidak melukai mulutnya.

6. Selalu ciptakan suasana makan yang menyenangkan dan relaks bagi bayi. Misalnya, putar lagu-lagu lembut. Lebih baik lagi bila sirkulasi udara di ruang makan berjalan baik hingga ia tidak kegerahan.

7. Beri kesempatan bayi mengambil sendiri makanannya dan mencoba memasukka ke mulutnya. Eksplorasi ini akan mengoptimalkan keterampilan makannya. Kalau tubuh dan sekitarnya jadi kotor, tak perlu ngomel.

8. Dudukkan bayi di high chair (kursi makan bayi) bila dia sudah bisa duduk tanpa bantuan. Pastikan dia aman dan nyaman duduk di kursinya.

9. Ajak bayi makan di meja makan bersama anggota keluarga yang lain. Dia akan melihat bahwa makan adalah acara yang menggembirakan dan melatihnya bersosialisasi dengan orang lain.


IniCaraku.com Search form