Loading...

Tips Membeli dan Menggunakan Sikat Gigi

Menggosok gigi harus dilakukan setiap hari agar gigi kita selalu sehat dan bersih. Menyikat gigi pun ada aturannya. Jangan sembarangan menggunakan sikat gigi. Salah dalam memilih sikat gigi bisa berdampak pada tidak maksimalnya dalam membersihkan gigi. Jadi, jangan sembarang memilij sikat gigi, apalagi asal murah.

Ukuran sikat
Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan rongga mulut Anda biar gampang menggosoknya. Sikat yang terlalu besar atau terlalu kecil akan sulit menjangkau area yang sempit. Sebaiknya, ukuran kepala sikat harus lebih kecil dari gagangnya. Idealnya 35-40 mm.

Untuk Anda pemilik struktur gigi mungil, dianjurkan menggunakan sikat gigi berukuran kecil. Sebaliknya, untuk struktur gigi besar bisa memilih ukuran yang besar.

loading...

Bulu sikat
Bulu sikat yang keras bisa merusak email atau lapisan gigi serta melukai gusi, demikian menurut dokter gigi. Hal inilah yang menyebabkan gigi jadi sensitif jika mengonsumsi makanan atau minuman, terutama makanan dan minuman yang dingin dan panas.

Sementara bulu sikat terlalu terlalu lemas, ini juga kurang bagus karena dikhawatirkan tidak bisa membersihkan plak ataupun sisa makanan secara efektif.

Kepala Sikat
Menggunakan kepala sikat berbentuk oval sangat dianjurkan karena bisa mencegah gusi terluka saat kita menggosok bagian belakang gigi. Pastikan juga kepala sikat berada di tempat yang bersih dan kering. Jika menggunakan penutup sikat gigi, pastikan ada lubang ventilasi untuk mencegah udara lembap serta bakteri berkembang.

Loading...
Tips Membeli dan Menggunakan Sikat Gigi | inicarak | 4.5