Loading...

Tips Memilih Menu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Selama Puasa Ramadhan

Memilih menu makanan untuk sahur dan berbuka adalah hal yang penting. Ini perlu dilakukan agar aktivitas sehari-hari tetap bisa berjalan normal meski kita sedang berpuasa.

Naini Setalyad dan Neha Chandna, dua orang ahli nutrisi dari India, seperti yang dikutip dari laman tempo memberikan tips bagaimana cara memilih menu makanan yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa.

Awali makan sahur dengan minum segelas air putih kemudian disambung dengan sandwich sayuran atau oat dicampur sayuran dan kacang.

loading...

Pada waktu berbuka puasa, minumlah segelas air lagi beserta kurma dan buah-buahan. Setelah shalat Magrib, disarankan untuk mengonsumsi salad, sayuran, roti dan atau ayam.

Penting untuk mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika Anda sangat ingin mengkonsumsi makanan yang manis,Anda bisa menambahkan nanas dalam menu makan Anda karena hal tersebut membantu proses pencernaan makanan lebih baik.

Mengkonsumsi serat dan makanan kaya protein sangat penting selama Ramadhan. Orang yang berpuasa sebaiknya menghindari makan makanan yang digoreng, berminyak dan makanan berat lainnya karena mereka tak bisa dicerna dengan mudah. Hal ini akan menyebabkan perut Anda terasa kembung.

Saat sahur sebaiknya konsumsi bubur oat, sayuran, buah-buahan dan kacang, orak-arik telur atau omelet ditambah dengan roti gandum, serta milkshake. Sementara untuk berbuka puasa, menu yang disarankan adalah salad atau sup, ayam dan atau ikan yang dikukus, dipanggang atau dibakar, nasi merah satu porsi dan dua iris roti.

Untuk menghindari dehidrasi, minumlah air putih yang cukup sesuai anjuran yaitu 8-10 gelas. Sementara untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda untuk puasa hari berikutnya, istirahatlah yang baik dan cukup.

Loading...
Tips Memilih Menu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Selama Puasa Ramadhan | inicarak | 4.5