Loading...

Tips Merawat Kinerja Komputer

Jika anda adalah pengguna komputer aktif yang dalam keseharian berhubungan dengan benda canggih ini, maka sudah seharusnya anda tahu bagaimana memperlakukan komputer anda dengan baik dan benar. Perawatan yang dilakukan tidak hanya yang bersifat fisik saja seperti membersihkan bagian hardware agar kinerjanya tidak terganggu oleh debu dan kotoran lainnya, tapi juga merawat dari dalam yaitu yang berkenaan dengan perangkat lunaknya. Berikut beberapa hal yang harus perhatikan dalam merawat komputer anda.

1. Berikan waktu untuk beristirahat. Komponen komputer juga tidak akan tahan jika anda menggunakannya hingga belasan jam setiap hari. Perkirakan waktu kerja dan waktu istirahat komputer anda agar komponennya lebih awet.

2. Bijaklah dalam menginstal program. Jangan menginstal program yang tidak begitu perlu atau menginstal beberapa program yang fungsinya sama. Pilihlah program yang benar-benar anda butuhkan agar kinerja processor tidak berat.

3. Rajinlah membersihkan dan mendata file anda yang ada di harddisk. Pastikan harddisk masih punya cukup kapasitas untuk menyimpan data. Dan buanglah file yang dirasa tidak penting lagi.

4. Hindarilah menjalankan beberapa program sekaligus. Sesuaikan kebutuhan pekerjaan anda dengan program yang sedang berjalan. Selain memberatkan kinerja komputer, biasanya ada beberapa program yang mengalami gangguan jika dibuka secara bersamaan.

Beberapa tips cara merawat kinerja komputer di atas semoga bisa membantu anda dalam menjaga dan merawat komputer anda. Ingatlah bahwa umur komputer hanya berkisar antara 4-5 tahun saja. Namun jika anda mampu merawat dan menjaga kinerjanya tetap stabil maka kerusakan dini pada hardware dan kelelahan kinerja software bisa diminimalisir.

loading...
Loading...
Tips Merawat Kinerja Komputer | inicarak | 4.5