Loading...

Tips Minum Obat Herbal: Jangan Minum Obat Herbal dengan Minuman Ini

Banyak masyarakat di Indonesia yang kini beralih untuk menggunakan obat herbal sebagai metode pengobatan. Selain lebih aman karena minim efek samping, juga karena harganya lebih murah. Namun hati-hati, walau obat herbal minim efek samping, namun bila tidak benar cara mengonsumsi maka juga akan bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi obat herbal tidaklah boleh secara sembarangan, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewojo, Sp.PD bahwa konsumsi obat herbal tidak bisa sembarangan. Misalnya, ketika mengonsumsi obat herbal itu tidak dianjurkan juga minum jus belimbing karena tidak aman, terutama bagi pasien darah tinggi tertentu. Dr. Arijanto menjelaskan bahwa kalau darah tingginya termasuk golongan primer itu tidak masalah, tetapi beda halnya dengan golongan sekunder.

Darah tinggi sekunder, artinya darah tinggi yang disebabkan oleh adanya penyakit lain, misalnya gangguan ginjal. Untuk penderita penyakit ini bila mengonsumsi obat herbal juga minum Jus belimbing justru akan memperberat kerusakan ginjal. Selain itu, obat herbal juga berinteraksi dengan obat lain, sehingga dianjurkan tidak diminum hampir bersamaan dengan minuman jus. Misalnya amlodipine (obat hipertensi) dan simvastatin (obat penurun kolesterol) sebaiknya tidak diminum bersamaan dengan jus jeruk, apel dan anggur.

loading...

Lantas mengapa demikian? dr. Arijanto mengatakan bahwa jenis obat-obatan seperti itu bekerja di reseptor yang sama dengan jus. Sehingga obat ini bila diminum tidak akan berkhasiat atau menurun.

Demikian informasi seputar minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersaman dengan obat herbal, seperti yang dikutip dari laman Okezone.

Loading...
Tips Minum Obat Herbal: Jangan Minum Obat Herbal dengan Minuman Ini | inicarak | 4.5