Loading...

Tips Mudik: 5 Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Persiapan penting untuk yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sangat penting untuk dilakukan. Lebaran merupakanan momen yang ditunggu oleh umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga. Untuk itulah, ketika menjelang hari lebaran tiba, berbondong-bondong orang melakukan perjalan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga.

Bagi yang harus pulang kampung ke luar kota dan bahkan mungkin hingga harus ke luar pulau, maka sangat penting untuk mempersiapkan peta jalur mudik, ini sangat penting agar tidak tersesat di jalan. Kemudian jika Anda ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, entah itu mobil atau sepeda motor, Anda tentu harus melakukan persiapan-persiapan dan pengecekan kendaraan pribadi Anda.

Berikut ini adalah tips agar perjalanan mudik Anda terasa aman dan nyaman hingga sampai di tujuan:

loading...

1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda
Periksa kondisi ban, kaca spion, lampu, rem, kompling dan lainnya. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan berfungsi secara sempurna.

2. Bawalah Peta Jalur Mudik
Peta jalur mudik sangat bermanfaat untuk mengetahui jalur-jalur alternatif secara detail jika ternyata nanti terjadi kemacetan di daerah tertentu. Juga untuk mengetahui info nomor telepon penting, restoran, SPBU, ATM, dan bengkel siaga di sepanjang rute perjalanan mudik.

3. Komponen Cadangan Kendaraan
Siapkan selalu komponen cadangan kendaraan yang berisiko tinggi kemungkinan terjadi masalah di perjalanan, semisal: ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, dan oli. Jangan lupa lengkapi juga dengan toolset standar.

4. Mengemas Barang
Barang-barang yang sekiranya terpakai di perjalanan letakkan pada tempat yang mudah dijangkau, agar tidak perlu membongkar semua barang yang sudah Anda packing hanya untuk mengambil peta mudik misalnya. Letakkan barang yang berat di bawah. Hindari penumpukan barang yang berpotensi mengganggu daya pandang pengemudi.

5. Istirahat yang cukup
Jika tujuan mudik Anda cukup jauh, pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum bepergian. Juga selalu istirahat setiap beberapa jam sekali atau jika mata sudah terasa mengantuk saat di perjalanan. Hindari alkohol selama mudik, karena mabuk saat berkendara sangat beresiko terjadi kecelakaan. Tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi vitamin atau suplemen penambah tenaga agar tubuh tetap fit.

Bagi yang tidak ingin ribet dengan berbagai hal tersebut diatas, maka untuk pilihan mudik terbaik yang bisa dilakukan mungkin adalah dengan mudik lebaran menggunakan pesawat. Akan ada banyak keuntungan yang akan didapat. Selain anda akan terbebas dari macet, anda juga tidak membutuhkan peta mudik metro tv atau lainnya. Juga, anda akan lebih cepat sampainya.

Loading...

Hasil pencarian:

persiapan mudik
Tips Mudik: 5 Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi | inicarak | 4.5