Loading...

Tips Olahraga Saat Puasa untuk Penderita Diabetes

Puasa bukan alasan untuk menghentikan kebiasaan baik berolahraga, termasuk juga untuk penderita diabetes. Sama seperti pada hari-hari biasa, olahraga saat puasa tetaplah harus dilakukan, hanya saja perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

Olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan membantu pengendalian gula darah dan berat batan. Namun demikian, olahraga saat berpuasa tidak bisa dilakukan seperti saat tidak berpuasa karena olahraga bisa meningkatkan risiko dehidrasi yang mengakibatkan darah lebih kental. Darah yang terlalu kental pada penderita diabetes bisa berujung pada komplikasi serius, seperti ketoasidosis atau keracunan.

Meski di bulan Ramadhan, olahraga tetap penting dilakukan oleh penderita diabetes, demikian menurut ahli endokrin FKUI/RSCM dr. Em Yunir, SpPD, yang jura merupakan sekretaris jenderal Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), seperti dikutip dari laman kompas. Kuncinya adalah harus melakukan pengaturan waktu dan menentukan jenis aktivitas yang tepat.

loading...

Olahraga sebaiknya tidak dilakukan di siang hingga sore hari. Karena kadar gula darah dan air dalam tubuh umumnya paling rendah di siang hingga menjelang waktu berbuka. Maka olahraga di waktu tersebut bisa semakin mengurangi kadar tersebut, sehingga meningkatkan risiko gula darah rendah (hipoglikemia) dan dehidrasi.

Untuk itu, cara paling aman untuk melakukan olahraga saat puasa untuk penderita diabetes adalah di pagi hari satu jam setelah sahur atau satu jam setelah berbuka.

Untuk jenis olahraga yang dipilih sebaiknya yang tidak terlalu berat seperti berjalan kaki. Bahkan shalat Tarawih, ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, bisa dipilih menjadi jenis olahraga.

Sementara untuk akvitas fisik sehari-hari saat berpuasa tidak terlalu banyak perubahan. Penderita diabetes bisa menjalani aktivitas fisik seperti biasa asal disiplin terhadap prinsip pengelolaan diabetes selama puasa.

Untuk menghindari terjadinya dehidrasi selama berpuasa, sebaiknya penderita diabetes minum air yang cukup, bahkan hingga 10 gelas per hari. Namun demikian, jangan minum 10 gelas sekaligus, nanti yang ada perut malah kembung. Minum dibagi di waktu sahur, berbuka, di sela-sela shalat Tarawih, dan sebelum tidur.

Loading...
Tips Olahraga Saat Puasa untuk Penderita Diabetes | inicarak | 4.5