Loading...

Tips Puasa untuk Ibu Hamil: Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil Selama Puasa

Karena alasan khawatir dengan kondisi kesehatan kandungannya, maka banyak wanita yang memutuskan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Padahal, jika dilakukan dengan benar, ibu hamil harusnya tidak perlu merasa cemas dan khawatir sehingga bisa tetap menjalankan ibadan puasa di bulan Ramadhan.

Selama ibu hamil mematuhi dan mengikuti aturan yang benar, ibu hamil tetap bisa puasa dengan perasaan tenang. Berikut ini adalah pola makan sahur dan buka puasa yang benar untuk ibu hamil :

1. Santap menu sahur yang ideal
Saat sahur, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Ini penting, karena selama puasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan. Makan makanan yang kaya nutrisi untuk sahur sangat penting guna mencegah ibu hamil dari merasa lapar, sakit kepala dan mengantuk saat siang hari puasa. Beberapa contoh makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk makan sahur bagi ibu hamil seperti roti gandum dengan selai, sereal plus susu nasi merah beserta lauknya.

loading...

2. Sajikan menu sehat saat berbuka
Mengonsumsi jus buah dan susu bisa mengembalikan kadar gula darah menjadi normal dengan segera. Ibu hamil juga harus mengonsumsi makanan yang seimbang seperti sayuran, makanan sumber protein seperti ayam, ikan, daging, buncis, dan kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan-makanan sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta dan roti gandum.

3. Hindari kopi dan teh
Saat puasa, sebaiknya hindari dulu untuk mengonsumsi kopi atau teh. Pasalnya, minuman jenis ini justru akan menyerap cairan dalam tubuh sehingga membuat Anda kehilangan banyak cairan yang menyebabkan dehidrasi. Bahkan bisa mengurangi jumlah zat besi di dalam tubuh. Akan lebih baik jika Anda minum segelas smoothie buah atau jus buah segar, untuk menambah asupan vitamin dan serat saat sahur atau buka puasa.

4. Batasi asupan gula
Makanan manis memang bisa dengan cepat mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa. Namun kebanyakan mengonsumsi makanan manis justru bisa membuat tubuh jadi lemas dan merasa cepat lapar. Oleh karena itu, sebaiknya batasi makanan dan minuman manis, kecuali buah-buahan yang mengandung gula alami, khususnya saat makan sahur.

Semoga informasi tentang tips puasa untuk ibu hamil di atas dapat bermanfaat.

Loading...

Hasil pencarian:

doa kunci puasa, rebung untuk ibi hamil, bolehkah ibu hamil makan ikan pari, keluar lendir seperti lem saat hamil tua, bumil bolehkah makan ikan pe, ikan pari untuk ibu hamil, ibu hamil boleh makan ikan pe, amankah rebung untuk ibu hamil, bumil boleh makan ikan pari, bahaya tidak ibu hamil memakn rebung, apakah ikan pari boleh dimakan ibu hamil, saat hamil makan ikan pe
Tips Puasa untuk Ibu Hamil: Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil Selama Puasa | inicarak | 4.5