Loading...

Waspadai 4 Penyakit yang Biasa Muncul Saat Sedang Puasa

Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa berpuasa bisa menjadikan tubuh kita sehat. Namun demikian, beberapa kebiasaan salah di bulan Ramadhan justru membuat sebagian orang mengalami sakit.

Berikut ini adalah empat penyakitg yang biasa terjadi ketika kita berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Dehidrasi
Cadangan cairan selama berpuasa berkurang drastis, karena selama sekitar 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan minuman sedikitpun. Orang akan mengalami dehidrasi ketika orang tersebut memilih untuk berolahraga berat ketika sedang berpuasa.

loading...

Boleh saja kita berolahraga ketika berpuasa, asalkan dilakukan di ruang yang sejuk, agar tidak terlalu banyak berkeringat. Karena, orang yang terlalu banyak berkeringat, akan membuatnya menjadi dehidrasi.

2. Susah BAB
Ketika seseorang kurang dalam mengonsumsi air dan kurang serat, akan membuat orang tersebut susah BAB, dan itu sangat berbahaya.

Tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan minuman ataupun makanan berserat lainnya selama hampir 14 jam. Untuk itu, maka dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air mineral ketika berbuka ataupun sahur, dan jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

3. Radang tenggorokan
Gorengan sering dipilih banyak orang yang berpuasa sebagai cemilan ketika waktu berbuka tiba. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi gorengan ketika berbuka, akan merangsang tenggorokan menjadi sensitif, yang berujung pada radang tenggorokan

Menurut Pakar Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK, boleh saja orang yang berpuasa memilih gorengan sebagai cemilan ketika waktu berbuka puasa tiba, asalkan tidak terlalu banyak, 1 buah saja cukup.

4. Asam lambung
Asam lambung biasa terjadi pada orang yang berpuasa langsung tidur, 30 menit setelah menjalani sahur. Untuk menghindari agar asam lambung tidak naik, tidurlah 1 jam setelah sahur agar asam lambung tidak naik. Demikian menurut Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP.

Jika memang ingin tidur beberapa menit setelah sahur, gunakanlah bantal tinggi, untuk menahan asam lambung dalam tubuh naik.

Loading...
Waspadai 4 Penyakit yang Biasa Muncul Saat Sedang Puasa | inicarak | 4.5