Loading...

Waspadai Bahaya Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

Ada kalanya dimana kita mau tak mau harus menahan buang air kecil untuk sementara waktu. Misalnya saja saat sedang ada di kendaraan umum, atau mungkin karena ada pekerjaan penting yang tidak bisa ditinggalkan. Namun sebenarnya, sering menahan buang air kecil bukanlah hal yang baik.

Meski terlihat sepele, namun menahan air kencing bisa menimbulkan bahaya sering terhadap kesehatan. Salah satu bahaya yang bisa ditimbulkan akibat dari sering menahan pipis adalah infeksi saluran kencing.

Pada dasarnya, kemampuan tubuh kita untuk menyimpan air seni itu dipengaruhi oleh sejumlah hal. Benjamin Brucker, M. D., asisten profesor di jurusan urologi NYU Langone Medical Center, dilansir dari womenshealthmag.com, menjelaskan bahwa biasanya wanita bisa menahan buang air kecil selama tiga hingga enam jam. Namun tidak semua wanita bisa melakukannya.

“Semua tergantung dengan banyaknya air seni yang dimiliki orang tersebut yang dipengaruhi oleh kadar hidrasi dan asupan cairan, dan juga kapasitas kandung kemihnya yang ditentukan oleh besarnya kandung kemih dan sensitivitas kandung kemih tersebut,” ungkap Brucker.

Bahaya yang Timbul Akibat Sering Menahan Kencing

Terlalu lama menahan keinginan untuk buang air kecil bisa menjadi begitu menyakitkan. Karena itu, Brucker menyarankan untuk buang air kecil pada ‘saat yang tepat’. Dengan kata lain, kita memang sebaiknya langsung pergi ke toilet saat sudah terasa ingin buang air kecil. Jangan sampai ditahan terlalu lama yang malah bisa menimbulkan rasa sakit.

Bila terlalu sering menahan kencing, maka resiko terkena infeksi saluran kencing semakin besar.

Ketika anda sudah terkena infeksi saluran kencing, maka akan muncul gejala. Adapun gejala atau tanda-tanda terkena infeksi saluran kencing adalah keinginan untuk buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Atau bisa juga kondisi seperti kandung kemih yang terlalu sensitif dan sakit. Karena itu, bila anda merasa lebih sering buang air kecil, segeralah untuk menghubungi dokter. Melakukan latihan kegel dan obat bisa diberikan untuk mengatasi kandung kemih yang terlalu sensitif.

Cara Mengontrol Tubuh Agar Tidak Mudah Buang Air Kecil

Buang air kecil adalah proses tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun bila terlalu sering buang air kecil tentulah bukan hal yang menyenangkan. Pasalnya, ada kalanya dimana kita harus menahan air kencing untuk sementara waktu.

Normalnya, semakin banyak dan sering kita minum, maka buang air kecil pun akan semakin sering. Namun bukan berarti kita harus mengurangi asupan cairan untuk tubuh. Intinya tetap cukupi asupan cairan tubuh dengan baik. Dan demi kebaikan tubuh, sebaiknya memang jangan menahan diri untuk buang air kecil terlalu lama.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

sakit karna begitu lama menahan kencing
Waspadai Bahaya Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil | inicarak | 4.5