Loading...

Waspadai Buah-buahan yang Bisa Membuat Bayi Mencret atau Diare

Selama dalam masa menyusui, apapun asupan yang oleh ibu konsumsi maka juga akan menjadi asupan bagi si bayi. Karena itu sangat penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Bayi sendiri masih memiliki sistem pencernaan yang masih sangat sensitif. Karena itu ibu menyusui tidak diperbolehkan untuk makan sembarangan, termasuk juga adalah buah-buahan. Karena ada beberapa jenis buah yang bila dimakan oleh ibu menyusui bisa memberikan dampak buruk bagi bayi dimana bayi bisa mencret atau diare. Lalu, buah apa sajakah yang bisa membuat bayi mencret atau diare?

Buah-buahan yang Bisa Membuat Bayi Mencret atau Diare

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, setidaknya ada empat jenis buah yang harus dihindari oleh ibu menyusui karena buah tersebut bisa mengganggu pencernaan bayi yang berakibat bayi mencret atau diare. Berikut diantaranya:

1. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk memang cukup tinggi yang menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi karena mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun tidak demikian bagi ibu menyusui. Bahkan ibu yang sedang dalam masa menyusui sebaiknya menghindari terlalu banyak makan buah jeruk karena bisa mengakibatkan diare pada bayi. Hal ini disebabkan karena tajamnya kandungan citrus di dalam jeruk, apalagi ditambah dengan rasa asamnya yang dapat melukai pencernaan.

2. Strawberry

Sama halnya dengan mengonsumsi jeruk, ibu menyusui juga tidak diperbolehkan terlalu banyak makan strawberry karena bisa membuat pencernaan bayi diare, timbul gas, ruam kulit bagi yang alergi, sehingga membuat si bayi rewel sepanjang hari.

3. Ceri

Bayi bisa mengalami diare dan sembelit bila ibu mengonsumsi cukup banyak buah ceri. Untuk itu sebaiknya hindari mengonsumsi buah ceri untuk sementara waktu sampai bayi anda tumbuh besar dan tidak membutuhkan asupan ASI lagi.

4. Kiwi

Mengonsummsi kiwi saat menyusui bayi juga tidak sehat. Hal ini dikarenakan citara rasa buah kiwi yang sangat asam, sehingga dapat membuat bayi merasa kembung dan diare.

Itulah beberapa contoh jenis buah-buahan yang bila dikonsumsi ibu menyusui terlalu banyak dapat menyebabkan bayi mengalami mencret atau diare. Kalaupun ibu memang benar-benar ingin mengonsumsinya maka konsumsilah secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Dan ada baiknya bila ibu mengkonsultasikan terlebih dahulu ke tim kesehatan terkait seperti bidan atau dokter mengenai jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui.

loading...
About these ads
Loading...

Hasil pencarian:

buah yang bikin bayi mencret, jeruk bikin bayi diare
Waspadai Buah-buahan yang Bisa Membuat Bayi Mencret atau Diare | inicarak | 4.5