Loading...

Yang Harus Diketahui Sebelum Memakai Alat Kontrasepsi IUD

IUD atau Intra Uterine Devices (IUD) adalah sebuah alat kontrsepsi berupa kumparan kecil yang panjangnya sekitar 3 cm. Adapun cara menggunakan alat kontrasepsi IUD yaitu dengan cara dimasukkan oleh dokter ke dalam rahim wanita untuk mencegah kehamilan.

IUD merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang merupakan bentuk efektif pengendalian kelahiran untuk perempuan dari segala usia. Efektivitas ini tentunya terlepas dari kehamilan para perempuan tersebut sebelumnya.

Di pasaran tersedia dua jenis IUD, yaitu tembaga non-hormonal dan tembaga hormonal. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi IUD, ada beberapa hal yang terlebih dahulu perlu anda ketahui tentang IUD, seperti dilansir Magforwomen.

loading...

1. Bisa digunakan segala usia wanita
IUD bisa digunakan oleh wanita dari segala usia untuk menjaga rahim mereka dalam mengendalikan kehamilan. Selain itu, IUD juga tidak masalah apabila digunakan setelah sebelumnya hamil karena kehamilan sebelumnya tidak memengaruhi efektivitas IUD.

2. IUD hormonal lebih efektif untuk mencegah kehamilan
Penggunaan IUD hormonal lebih efektif menutup saluran pembuahan dan sangat minim terjadi kegagalan. Hal ini membuat IUD hormonal menjadi solusi alat kontrasepsi permanen untuk mencegah kehamilan.

3. IUD tidak menyebabkan infeksi panggul
Infeksi panggul dan rahim disebabkan oleh suatu bentuk sebelumnya ketika IUD tebal. Namun, kebanyakan orang-orang saat ini memiliki IUD yang tipis, sehingga tidak ada kemungkinan infeksi panggul dan uterus.

4. IUD tidak menyebabkan terganggunya kesuburan
Infeksi yang menyebabkan penyakit menular seksual dapat membuat anda menjadi tidak subur. Menggunakan IUD sama sekali tidak menyebabkan infeksi atau mengembangkannya, karena perangkat ini juga tidak melindungi anda dari infeksi menular seksual. Jadi, asumsi menggunakan IUD menyebabkan ketidaksuburan pada wanita itu adalah salah.

5. IUD tidak cegah penularan AIDS
IUD dipasang dalam tubuh anda, oleh karena itu hanya efektif terhadap kehamilan yang tidak diinginkan. Jadi, IUD tidak bisa berperan dalam mencegah penularan AIDS dan penyakit seksual lainnya, seperti sifilis dan gonorrhea.

6. Memiliki efek samping yang lebih kecil dibanding pil KB
Biasanya akan ada rasa mual, nyeri pada payudara, dan menstruasi yang tidak teratur selama tiga sampai empat bulan pertama setelah menggunakan IUD. Namun setelah itu, efek samping menggunakan IUD ini bisa dikatakan sangat minim. Oleh karena itu, IUD adalah pilihan yang jauh lebih aman dan nyaman sebagai bagian dari pengendalian kehamilan daripada pil KB.

Loading...
Yang Harus Diketahui Sebelum Memakai Alat Kontrasepsi IUD | inicarak | 4.5