Yang Harus Dilakukan Jika Haid Datang Tidak Menentu | IniCaraku.com

Yang Harus Dilakukan Jika Haid Datang Tidak Menentu

Siklus haid yang normal adalah 25-35 hari. Namun, jika ternyata haid tidak datang sampai 25 hari dari waktu mens terakhir, kita perlu bertanya-tanya. Sama halnya jika setelah lebih dari 7 minggu kita tidak juga kunjung datang bulan.

Perubahan pada siklus haid, sesimpel apa pun bisa menjadi sinyal dari berbagai problem, baik yang ringan maupun berat, demikian seperti yang dikatakan oleh dr.Linda Bradley, direktur Center for Menstrual Disorder Fibroids and Hysteroscopic Service di Cleveland Clinic

Penyebab ringan haid tidak datang misalnya adalah karena hamil. Atau, bisa juga karena ada masalah pada alat kontrasepsi yang kita gunakan. Sedangkan yang paling mengkhawatirkan menurut para ahli, adalah bisa jadi kita menderita endometriosis.

Sementara perubahan lain yang juga tidak boleh kita acuhkan adalah jika darah yang keluar selama mens sangat sedikit, atau sebaliknya, lebih banyak dibanding biasanya. Tidak hanya itu. Ditambah juga dengan rasa nyeri yang tak tertahankan pada perut, yang membuat kita tak bisa menjalani aktivitas harian secara normal.

Yang mesti dilakukan jika terjadi perubahan pada siklus haid kita adalah, segera periksakan diri ke dokter kandungan. Pda umumnya siklus haid yang berubah berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Misalnya saja jika pemicu siklus haid berubah adalah karena alat kontrasepsi, maka kita harus segera menghentikan pemakaian alat kontrasepsi tersebut.

Selain itu, hal lain yang bisa mengganggu kinerja hormon adalah konsumsi obat tertentu, penyakit autoimun, ada infeksi, berolahraga secara berlebihan, serta stres. Pola diet tak seimbang juga bisa menyebabkan perubahan pola siklus haid.

Studi yang dimuat di jurnal Obstetris & Ginecology tahun 2000 menyebutkan, diet vegetarian terbukti efektif dalam meringankan kram perut dan gejala premenstrual lainnya. Tak ada salahnya kita mencoba, dengan memperbanyak asupan sayur, dan mengurangi konsumsi daging merah.