Loading...

Yang Harus Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur Tengkurap

Meski tidur tengkurap mempunyai banyak manfaat untuk si bayi, namun ini bukan berarti tidak ada bahaya yang mengancam. Bayi yang tidur tengkurap tanpa pengawasan bisa menyebabkan resiko kasus Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian di ranjang.

Meski penyebab pasti terjadinya SIDS belum diketahui, namun ibu sebaiknya berhati-hati dan terus memantau posisi tidur bayi. Karena posisi tidur tengkurap akan memberikan tekanan pada rahang bayi, sehingga mempersempit jalan napas.

Menurut Dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA, MARS dari RS Bunda Jakarta, dalam acara Coaching Clinic “Sirkulasi Udara yang Baik untuk Cegah SIDS” beberapa waktu lalu di Jakarta, seperti yang dikutip dari Nakita dan kompas.com, boleh saja tidur tengkurap, ada ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

loading...

1. Jangan biarkan bayi Anda tidur tengkurap terlalu lama. Posisi tengkurap membuat bayi susah bernapas. Dua sampai tiga menit bayi tidak napas dan tidak diketahui orangtua, maka risiko fatal bisa terjadi.

2. Pastikan bahwa kondisi di sekitar bayi aman, tidak ada mainan atau benda yang berisiko membahayakan. Selain juga pastikan juga si bayi terawasi.

3. Orangtua harus yakin bahwa bayi bisa memutar kepala dengan leluasa saat ia tidur dalam posisi tengkurap. Perhatikan juga kemampuan mobilisasi, apakah ia sudah mampu memutar kepalanya atau tidak. Jika bayi masih mengalami kesulitan, sebaiknya tidak ditidurkan dalam posisi tengkurap.

Loading...
Yang Harus Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur Tengkurap | inicarak | 4.5