Loading...

Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil pada Trimester Ketiga

Bisa cepat hamil adalah idaman setiap istri yang baru menikah. Karena itu, selama masa kehamilan, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kondisi kandungannya, termasuk juga pada usia kandungan trimester terakhir. Ya, pasalnya pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin.

Karena itu, seperti yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketig, diantaranya:

1. Sauna dan mandi uap
Menikmati sauna dan mandi uap sebaiknya dihindari pada usia kehamilan trimester ketiga karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.

loading...

2. Bercinta
Bila anda mengalami kehamilan yang normal dan tidak berisiko persalinan prematur, maka anda bisa menikmati sesi intim dengan suami anda sampai melahirkan. Namun bila berisiko atau anda merasa lelah, maka sebaiknya berhubungan intim jangan dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

3. Angkat beban berat
Mengangkat beban berat yang bisa menyebabkan ketegangan di punggung bawah tidak boleh dilakukan ibu hamil pada trimester ketiga. Terutama ibu yang hamil kedua dengan balita harus berhati-hati ketika menggendong anaknya dan lebih baik menyerahkan tugas tersebut pada orang lain.

4. Olahraga
Ibu hamil memang dianjurkan untuk rajin olahraga. Namun beberapa jenis olahraga seperti bola, basket tidak boleh dilakukan saat kehamilan masuk ke trimester ketiga. Karena olahraga ini bisa menyebabkan cedera perut dan pertumbuhan janin.

5. Olahraga petualangan
Ski air, scuba diving, surfing, dan olahraga petualangan lainnya juga tidak boleh dilakukan saat trimester ketiga. Karena olahraga tersebut bisa menimbulkan dampak negatif yang besar untuk kehamilan anda.

6. Olahraga berat
Olahraga yang teratur memang dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil. Namun, berolahraga berat bisa menyebabkan kelelahan, karena itu sebaiknya dihindari olahraga berat.

7. Pekerjaan rumah tangga yang berat
Selama trimester ketiga, wajar jika wanita mengalami lelah sepanjang waktu. Lakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri merupakan hal yang harus dihindari selama trimester ketiga. Seharusnya anda tidak perlu ragu untuk meminta bantuan orang lain.

8. Makanan berat
Pada masa kehamilan trimester akhir, bayi sangat rendah di perut dan pencernaan menjadi sulit, karena itu makanan berat harus dihindari pada masa ini. Saat ini anda direkomendasikan makanan ringan secara berkala.

9. High heels
High heels adalah hal yang harus dihindari selama trimester ketiga karena bisa menyebabkan nyeri punggung. Pada masa ini, sepatu bertumit datar lebih dianjurkan.

10. Naik pesawat
Di dataran tinggi, oksigen berkurang dan berpotensi menyebabkan ibu hamil bernapas menjadi sulit. Ini bisa menyebabkan janin jadi sesak napas. Maka dari itu, sebaiknya hindari bepergian dengan naik pesawat saat kehamilan memasuki masa trimester akhir.

Loading...
Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil pada Trimester Ketiga | inicarak | 4.5