Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Jejaring Sosial Facebook | IniCaraku.com

Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Jejaring Sosial Facebook

Menjalin komunikasi seperti chatting atau ngobrol di internet seperti di jejaring sosial facebook memang menyenangkan. Namun untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan, ada beberapa hal yang harus dihindari demi keamanan pribadi Anda agar tidak terjadi penyalahgunaan dan kelalaian yang mungkin dilakukan dalam internet juga dapat kapan saja terjadi.

Membagikan foto pribadi
Jangan membagikan foto pribadi Anda. Sesuatu yang saat ini mungkin Anda kira seksi pada saat Anda upload bisa saja suatu hari nanti akan menghantui Anda. Karena apapun yang telah di-upload di internet tentu tidak akan bisa dihapus sepenuhnya. Jadi, pastikan Anda tidak memposting sesuatu yang Anda tidak ingin keluarga, bos, atau orangtua melihatnya.

Membagikan alamat rumah
Menyebarkan alamat rumah juga sebaiknya jangan Anda lakukan, bahkan kepada teman “dunia maya” yang Anda percaya sekalipun.

Membagikan Jadwal
Saat Anda ingin bepergian ke suatu tempat, jangan kemudian Anda membagikan informasi tersebut melalui status Anda. Karena Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang ingin melakukan kejahatan pada Anda.

Menulis kecaman atau ancaman
Saat hati Anda tidak menentu misalnya karena habis dimarahi bos atau guru, kadang kita menuliskan sumpah serapah kepada mere melalui status facebook. Untuk pemula, hal ini akan mudah terlacak kembali di kemudian hari. Akan lebih baik jika Anda membicarakannya secara langsung kepada orang-orang yang bersangkutan daripada nanti Anda terkena UU ITE tentang pencemaran nama baik atau lainnya.

Membagikan detail rekening
Jangan pernah memberi tahu nomor rekening bank maupun pin ATM Anda apalagi dalam kolom chatting. Apalagi sampai memamerkan isi atau jumlah yang ada di rekening Anda. Jangan mengambil risiko meskipun sifatnya menyangkut hal yang darurat.

Semoga informasi tersebut bermanfaat.


IniCaraku.com Search form