Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Makan adalah salah satu cara kita manusia (dan juga makhluk lainnya) untuk mempertahaankan hidupnya. Makan pun ada teknik dan caranya, tidak boleh dengan sembarangan. Kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi agar terhindar dari penyakit.

Namun pola makan yang salah ternyata justru dapat membahayakan kita. Salah satunya adalah kebiasaan setelah makan. Ada beberapa kebiasaan setelah makan yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah:

1 . Makan buah-buahan
Kebiasaan makan buah setelah makan ternyata adalah kebiasaan yang keliru. Setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna, jika seusai makan lalu menyantap buah, buah akan terhambat oleh makanan yang telah lebih dulu disantap, akibatnya buah-buahan tidak bisa tercerna secara normal. Jika berlangsung lama, akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan gejala lainnya.

2. Mengendorkan ikat pinggang
Mengendorkan ikat pinggang setelah makan, meskipun terasa agak nyaman, tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, memaksa lambung turun (terjuntai). Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, akan benar-benar mengidap lambung turun.

3. Minum teh kental
Minum teh seusai makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

4. Merokok
Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa! Ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan penyakit pada aspek-aspek terkait ini.

5. Jalan-jalan
Langsung berjalan setelah makan akan menyebabkan lemahnya proses pencernaan terhadap serapan gizi. Terutama manula, fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah, banyak berjalan seusai makan akan timbul gejala tekanan darah menurun dan lain – lain gejala.

6. Mandi
Mandi sehabis makan, volume aliran darah pada permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan pencernaan buruk.

7. Mengemudikan mobil
Rawan terjadi kecelakaan jika habis makan lalu menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional.

8. Berkaraoke
Seusai makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat, saat demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah, jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, sebaliknya dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.

9. Langsung Tidur
Sesungguhnya langsung tidur setelah makan akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung.

Semoga informasi tentang kebiasaan yang tidak boleh dilakukan setelah makan diatas dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

Bahaya Tidur Setelah Makan Untuk Kesehatan - Setelah makan biasanya akan membuat kita jadi mengantuk, apalagi setelah makan siang. Dan kalau ngantuk tentu obat yang paling mujarab adalah tidur. Namun hati-hati kalau anda sering tidur setelah makan.Meski tidur sangat baik untuk kesehatan,...

Kunyit Bisa Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh - Kunyit merupakan salah satu bumbu masakan yang ternyata memiliki manfaat luar biasa, yaitu dapat membantu mencegah infeksi baru dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.Para ilmuwan mengklaim bahwa senyawa yang ditemukan dalam kunyit dapat...

8 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak - Otak ibarat memori dalam komputer. Jika sistem penyimpanannya sudah lemah maka prosesnya juga akan berjalan lambat dan bahkan bisa kacau.Untuk meningkatkan daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan memperbanyak...

Obat Varises Alami, Untuk Memijat dan Mengompres - Varises merupakan gangguan kesehatan berupa pelebaran atau pembesaran pembuluh darah vena yang menimbulkan rasa sakit. Varises lebih sering muncul di daerah kaki. Kaki yang terkena varises biasanya ditandai dengan adanya penonjolan otot di bawah...

Bahaya Akibat Kurang Tidur yang Harus Diwaspadai - Setelah beraktivitas seharian, maka kita membutuhkan tidur. Tidur yang cukup tidak hanya memberikan dampak untuk menghilangkan rasa penat dan mengantuk, namun juga akan mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh. Karena itu, sangat penting untuk...

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Agar Rasa Nyeri Tidak Bertambah Parah - Sebagai siklus bulanan yang selalu dialami setiap wanita, menstruasi seringkali membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Karena tidak jarang, selama mesntruasi banyak wanita merasakan gangguan terkait masalan menstruas. Beberapa contoh gangguan...

Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi - Pernahkah anda mendapati sehabis menyikat gigi ada keluar darah yang diketahui dengan berubahnya ludah anda menjadi berwarna merah muda?Bila demikian yang sering terjadi, maka anda perlu mewaspadainya karena itu merupakan pertanda adanya...

Loading...