Loading...

Yuk, Kenali Bahaya Penyakit Chikungunya

Nyamuk merupakan salah satu jenis hewan yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya bagi manusia. Tidak hanya bisa menyebabkan penyakit demam berdarah atau DBD, namun nyamuk juga bisa menyebabkan demam Chikungunya. Mengenali secara lebih dalam penyakit Chikungunya bisa mencegah diri dari serangan Chikungunya.

Chikungunya sendiri berasal dari bahasa suku Swahili, Tanzania yang artinya adalah “membungkuk dan menekuk lututnya”.

Adapun demam Chikungunya adalah infeksi virus akut yang disebabkan virus Chik, tergolong Arthropod-Borne Virus, genus Alphavirus, famili Togaviridae.

loading...

Media penularan dari penyakit Chikungunya sama dengan penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Penyebaran penyakit Chikungunya paling sering terjadi pada musim penghujan, dimana habitat perkembangbiakan nyamuk mulai terisi air hujan.

Ketika seseorang terkena penyakit Chikungunya, maka yang dirasakan adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Bahkan, karena salah satu gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang, ada yang menyebutnya sebagai demam tulang atau flu tulang.

Untuk cara mencegah penyebaran penyakit Chikungunya sama seperti pada pencegahan penyakit demam berdarah, yaitu dengan memberantas perkembangbiakan nyamuk dengan melakukan 3M. Menguras, mengubur dan menutup bak tempat penampungan air. Melakukan pola hidup sehat juga sangat diperlukan agar sistem imunitas tubuh kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit Chikungunya.

Penyakit Chikungunya memang tak seberbahaya penyakit demam berdarah. Namun demikian, bila seseorang terkena Chikungunya, ini akan sangat mengganggu aktivitas keseharian seseorang akibat dari gejala yang ditimbulkan.

Loading...
Yuk, Kenali Bahaya Penyakit Chikungunya | inicarak | 4.5