Loading...

Yuk, Kenali Gejala Awal Penyakit Diabetes

Tidak sedikit dari penderita diabetes yang tidak menyadari akan kehadiran dari penyakit diabetes yang dideritanya. Hal ini terjadi karena gejala diabetes tersebut terjadi secara bertahap, sehingga membuat pengidapnya terkadang tidak menyadari terkena diabetes.

Nah, untuk mengetahui apakah anda terkena diabetes atau tidak, maka anda bisa memperhatikan beberapa gejala awal diabetes berikut ini:

1. Sering ke Kamar Mandi
Tubuh yang terkena diabetes akan sulit memecah sari gula dalam darah, sehingga gula menumpuk pada aliran darah. Penumpukan gula darah tersebut akan mendorong tubuh membuang gula melalui urin atau air kencing.

Itulah sebabnya, penderita diabetes akan sering buang air kecil. Bahkan, pada tengah malam, penderita diabetes akan mengalami kesulitan tidur karena merasa ingin selalu buang air kecil.

2. Sangat Haus
Karena terlalu sering buang air kecil, maka penderita diabetes akan merasa sangat haus dari orang normal. Ketika seseorang tidak menyadari tanda-tanda diabetes, penderita justru akan menghilangkan rasa haus dengan minuman bersoda atau minuman yang mengandung banyak gula. Sehingga, membuat diabetesnya semakin parah.

3. Berat Badan Turun
Salah satu tanda awal terkena diabetes adalah menurunya berat badan. Penyebab penurunan berat badan tersebut adalah karena kandungan gula dan kalori tidak bisa diserap oleh tubuh dengan baik. Hal itu menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan yang semestinya.

4. Lapar hingga Gemetar
Tubuh yang terkena diabetes akan sulit mengendalikan glukosa, sehingga membuat penderita diabetes merasa gemetar saat lapar dan cenderung ingin mengonsumsi karbohidrat yang memiliki kandungan gula cukup tinggi.

5. Lelah Sepanjang Waktu
Apabila anda merasa lelah sepanjang waktu, mungkin karena tubuh anda tidak bisa memecah sari makanan untuk energi tubuh, sehingga tubuh terasa lemah dan tidak bertenaga. Hal inilah yang dialami oleh penderita diabetes.

6. Murung dan Mudah Marah
Perhatikan fluktuasi emosi anda. Pernahkah anda merasa tiba-tiba ingin marah atau sedih? Kondisi emosi yang mirip dengan orang depresi tersebut dapat menjadi gejala awal anda terkena diabetes.

Kenaikan gula darah bisa membuat emosi seseorang berubah tidak bersemangat atau sebaliknya, ingin marah-marah karena kesal terhadap sesuatu yang tidak dapat dijelaskan.

7. Penglihatan Kabur
Saat gejala awal, lensa mata penderita diabetes mengalami gangguan fokus untuk melihat, karena pembuluh darah di belakang mata pecah, sehingga pandangan menjadi kabur.

Itulah beberapa informasi terkait gejala awal penderita diabetes yang harus anda perhatikan. Bila anda masih ragu, maka tidak ada salahnya bila anda melakukan tes untuk mengecek gula darah pada dokter atau tim kesehatan terkait secara teratur.

loading...
Loading...
Yuk, Kenali Gejala Awal Penyakit Diabetes | inicarak | 4.5